KHIDMAT UNTUK PESANTREN DAN PERADABAN DUNIA

Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang hadir sebagai wujud nyata dari gagasan dan harapan para tokoh masyarakat, ulama terutama pengasuh Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang. Paradigma keseimbangan dan penyesuaian diri dengan perkembangan zaman menjadi basis utama berdirinya perguruan tinggi ini. 

Setelah memiliki 7 program studi sarjana, yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ekonomi Syari’ah (ES), Akuntansi Syari’ah (AS), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD), selanjutnya pada tahun 2019, atas inisiatif KH. M. Adnan Syarif, Lc., MA yang saat itu menjabat sebagai Rektor IAI Syarifuddin dan didukung oleh wakil rektornya, dirancanglah pendirian program studi Magister (S2). 

Pada tanggal 1 September 2019, ditunjuklah tim perumus yang disertai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 128/1.03/R/IAIS/IX/2019. Tim tersebut antara lain: 

NoNamaPenugasan
1.Dr. Hj. Aminatus Zahroh, M.Pd.I Ketua
2.Dr. Syuhud, M.Pd.ISekretaris
3.Dr. Ahmad Ihwanul Muttaqin, M.Pd.I Anggota
4.Ihya Ulumuddin, S.Ag., M.AAnggota
5.Moch. Mahsun, S.Kom., M.TAnggota
6.Nindri Susanti, S.Pd.I, MAAnggota

Selanjutnya, tim menyusun dan melengkapi instrument usulan Borang Program Studi S2 dan diusulkan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia 20 Januari 2021 dengan nomor surat 015/1.01/R/IAIS/I/2021. Usulan pembukaan program studi Magister Agama Islam juga dikirimkan kepada Menteri Agama Republik Indonesia dengan nomor surat 024/1.01/R/IAIS/II/2021. 

Akhirnya, pada tanggal 27 Mei 2022, izin penyelenggaraan program studi Pendidikan Agama Islam untuk Program Magister pada Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang diterbitkan oleh Kementerian Agama dengan Surat Keputusan Nomor 536 Tahun 2022.  Pada tanggal 11 Juli 2023, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi mengeluarkan Surat Keputusan Akreditasi kepada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam dengan Nomor: 2740/SK/BAN-PT/Ak.P/M/VII/2023.

Hingga saat ini, upaya peningkatan kualitas mutu penyelenggaraan pendidikan terus ditingkatkan. Kerjasama dengan para pihak juga dilakukan, tidak hanya di dalam negeri, bahkan hingga luar negeri, antara lain dengan Pemprov Jawa Timur, Permapendis Jawa Timur, Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia, Al-Zuhri Institute of Higher Education Singapore, Universiti Kuala Lumpur, Ewan Institute of Jordan, Universitas of The Holy Qur’an and Islamic Sciences Omdarman Sudan, PCINU Malaysia dan lain sebagainya.