Profil lulusan pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam IAI Syarifuddin fakultas tarbiyah adalah sebagai peneliti, ilmuan dan tenaga pendidik, dan konsultan pendidikan islam.

Sebagai peneliti di Bidang Pendidikan Agama Islam lulusan S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Syarifuddin Lumajang diharapkan;

  1. Mampu menerapkan teori kependidikan agama islam berbasis pesantren yang terintegrasi dalam menjawab problematika pendidikan agama Islam di Indonesia;
  2. Memiliki kemampuan keilmuan tekonologi dalam membaca data yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif pada penelitian-penelitian pendidikan agama Islam;
  3. Memiliki kemampuan publikasi ilmiah pendidikan agama Islam dengan menggunakan bahasa asing (Arab-Inggris) dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.

Sebagai ilmuan dan pendidik di Bidang Pendidikan Agama Islam lulusan S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Syarifuddin Lumajang diharapkan;

  1. Menguasai teori pendidikan agama Islam berbasis pesantren terintegrasi serta aplikasinya;
  2. Menguasai pengetahuan tentang jenis, fungsi dan pemanfaatan beberapa perangkat lunak dalam menjelaskan dan menegaskan pendidikan agama Islam berbasis pesantren terintegrasi keilmuan keberlajutan;
  3. Menguasai pengetahuan tentang isu terkini pendidikan agama Islam berbasis pesantren terintegrasi keilmuan keberlajutan.

Sebagai Konsultan Pendidikan Agama Islam  lulusan pascasarjana IAI Syarifuddin diharapkan ;

  1. Mampu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat dan bangsa yang berkaitan pendidikan agama Islam melalui penerapan teori berbasis pesantren terintegrasi keilmuan keberlajutan
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan agama Islam baik lokal maupun nasional secara prosedural melalui pendekatan berbasis pesantren terintegrasi keilmuan keberlajutan;
  3. Menguasai pengetahuan tentang tata cara pembelajaran pendidikan agama Islam dan pengembangan kegiatan pendidikan agama Islam dengan menggunakan pendekatan berbasis pesantren terintegrasi keilmuan keberlajutan. Tenaga Profesional Pendidikan Agama Islam
  4. Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan teori-teori dalam bidang pendidikan agama Islam;
  5. Memiliki kemampuan penguasaan dalam berpikir kritis, logis, dan sistematis; dan Mampu bekerjasama.