Kebijakan penerimaan mahasiswa baru di IAI Syarifuddin didasarkan pada upaya maksimal untuk menyosialisasikan program akademik kepada masyarakat. Setiap tahun, kegiatan sosialisasi ini dimulai dari bulan Februari hingga Juli, yang melibatkan tim khusus yang ditunjuk oleh Rektor. Sosialisasi dilakukan melalui berbagai media, termasuk media elektronik, penyebaran brosur, kunjungan ke sekolah dan madrasah, serta melalui platform media sosial dan event-event kampus berkala.

Dalam hal jenis penerimaan mahasiswa, IAI Syarifuddin menawarkan dua opsi utama. Pertama, program penerimaan mahasiswa baru tahunan yang bertujuan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di institusi ini. Kedua, program penerimaan mahasiswa pindahan atau mutasi studi, yang mencakup pilihan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang ingin pindah ke IAI Syarifuddin, serta bagi mereka yang ingin melakukan mutasi studi antar program studi lintas fakultas atau dalam fakultas yang sama.

Dengan demikian, kebijakan ini tidak hanya menjamin aksesibilitas pendidikan yang luas melalui sosialisasi yang komprehensif, tetapi juga memfasilitasi mobilitas akademik bagi mahasiswa untuk mencapai pilihan pendidikan terbaik sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan mereka.

Nomor SK Rektor dan Kebijakan PMB : R/1.03/96/IAIS/YKSy/I/2020