Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang melaksanakan kuliah tamu yang mengangkat topik “Peta Jalan Pendidikan Agama Islam di Indonesia”. Acara yang diadakan pada tanggal 17 September 2022 tersebut menghadirkan pemateri yang sangat berkompeten, yaitu Prof. Dr. Abd. Halim Soebahar, M.A., Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren dan Diniyah Provinsi Jawa Timur.

Kuliah tamu ini dihadiri oleh para mahasiswa pascasarjana Institut Agama Islam Syarifuddin, yang antusias untuk mendengarkan pemikiran dan pengalaman dari Prof. Abd. Halim Soebahar mengenai perkembangan pendidikan agama Islam di Indonesia.

Dalam paparannya, Prof. Abd. Halim Soebahar membahas secara komprehensif mengenai peta jalan pendidikan agama Islam di Indonesia, termasuk tantangan, inovasi, dan strategi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di negeri ini. Ia juga menyoroti peran lembaga pendidikan, baik dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas dan memiliki pemahaman agama Islam yang kokoh serta toleran.

“Dalam konteks perkembangan pendidikan agama Islam di Indonesia, kita perlu menggali peta jalan yang komprehensif. Tantangan yang dihadapi memang sangat besar, namun dengan inovasi dan strategi yang tepat, kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di negeri ini. Peran lembaga pendidikan, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, sangat krusial dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas dan berpemahaman agama Islam yang kokoh serta toleran.” ungkap Prof. Abd. Halim Soebahar

Kehadiran Prof. Abd. Halim Soebahar sebagai pemateri menjadikan acara ini sebagai momen berharga bagi mahasiswa pascasarjana IAI Syarifuddin untuk mendapatkan wawasan yang mendalam mengenai dinamika pendidikan agama Islam di Indonesia. Diskusi dan tanya jawab pun dilakukan setelah sesi paparan untuk memperluas pemahaman dan merespons berbagai pertanyaan yang muncul dari peserta.

Ketua Program Studi PAI Pascasarjana IAIS, Dr. Ahmad Ikhwanul Muttaqin, M.Pd., menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kuliah tamu ini dan berharap bahwa pemahaman yang didapatkan oleh mahasiswa dapat menjadi modal berharga dalam meniti karier di dunia pendidikan agama Islam di masa depan.

“Kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan kuliah tamu ini dan kami berharap bahwa pemahaman yang diperoleh oleh para mahasiswa dapat menjadi modal berharga dalam meniti karier di dunia pendidikan agama Islam di masa depan.” ungkap Dr. Ahmad Ikhwanul Muttaqin

Dengan diadakannya kuliah tamu ini, diharapkan semangat mahasiswa untuk terus mengembangkan pendidikan agama Islam di Indonesia terus berkobar dan menjadi pendorong bagi peningkatan kualitas serta relevansi pendidikan agama Islam dengan kebutuhan zaman.

“Partisipasi dalam kuliah tamu ini memberikan kami wawasan yang berharga tentang dinamika pendidikan agama Islam di Indonesia. Kami merasa terinspirasi dan bersemangat untuk terus mengembangkan diri dalam bidang ini, serta menjadi agen perubahan yang positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di tanah air.” ungkap ayyul, salah satu mahasiswa peserta kuliah tamu


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *